KURIKULUM MADRASAH DINIYAH
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR (SKKD)
MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH
(TINGKAT AWWALIYAH)
IDENTITAS
Mata
Pelajaran
: Fikih
Jumlah Jam
Pelajaran : 18 jam /
minggu
Waktu
: 40 Menit / tatap muka
Jenis
Pendidikan
: Madrasah Diniyah Takmiliyah
STANDAR KOMPETENSI
LULUSAN MATA PELAJARAN FIKIH
Memiliki pengetahuan dan pemahaman
standar tentang dasar-dasar ilmu fikih dan mempraktikkannya dalam kehidupan
sehari-hari
KELAS 3
(ULA/AWALIYAH) semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Memahami rukun Islam yang pertama (syahadatain)
|
1.1.
Melafalkan dua kalimat syahadat dengan fasih.1.2. Menjelaskan
pengertian syahadat Tauhid.1.3. Menjelaskan pengertian syahadat
Rasul.1.4. Dapat membedakan syahadat Tauhid dan Syahadat
Rasul.1.5. Terbiasa membaca dua kalimat syahadat
|
2.
Memahami konsep thaharah
|
2.1.
Menjelaskan pengertian dan dasar hukum thaharah.2.2. Menyebutkan
ketentuan thaharah dalam Islam.2.3. Menyebutkan tujuan dan hikmah
thaharah.2.4. Mempraktikkan cara bersuci (wudhu, tayammum, istinja’ dan
mandi janabah).
|
3.
Memahami tata cara berwudhu, tayammum, istinja’ dan mandi janabah
|
3.1.
Menjelaskan pengertian dan dasar hukum wudhu, tayammum, istinja’ dan mandi
janabah.3.2. Menyebutkan ketentuan berwudhu, tayammum, istinja’ dan
mandi janabah.3.3. Menjelaskan tujuan dan hikmah wudhu tayammum,
istinja’ dan mandi janabah.3.4. Mempraktikkan cara berwudhu, tayammum
istinja’ dan mandi janabah dengan benar.
|
4.
Memahami tata cara adzan dan iqamah
|
4.1.
Melafalkan bacaaan adzan dan iqamah dengan baik.4.2. Menyebutkan
pengertian dan dasar hukum azan dan iqamah.4.3. Menjelaskan ketentuan
azan dan iqamah.4.4. Mempraktikkan azan dan iqamah.
|
5.
Menguasai bacaan-bacaan dalam shalat.
|
5.1.
Menghafal bacaan-bacaan shalat.5.2 Memahami arti setiap bacaan
shalat.
|
KELAS 4 (ULA /
AWALIYAH) semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Memahami Tata Cara Shalat Maktubah
|
1.1.
Menyebutkan pengertian dan dasar hukum shalat.1.2. Menjelaskan
ketentuan shalat.1.3. Menyebutkan jenis-jenis shalat
maktubah.1.4. Menjelaskan tujuan dan hikmah shalat.1.5.
Mempraktikkan tata cara shalat beserta bacaannya.
|
2.
Memahami tata cara shalat sunnah
|
2.1.
Menyebutkan pengertian dan dasar hukum shalat sunnah.2.2. Menjelaskan
ketentuan dan macam-macam shalat sunnah.2.3. Menjelaskan tujuan dan
hikmah shalat sunnah.2.4. Mempraktikkan shalat sunnah.
|
3.
Memahami tata cara shalat jamak dan qashar
|
3.1.
Menyebutkan pengertian dan dasar hukum shalat jamak dan qashar.3.2.
Menjelaskan ketentuan shalat jamak dan qashar.3.3. Menjelaskan tujuan
dan hikmah shalat jamak dan qashar.3.4. Mempraktikkan tatacara shalat
jamak dan qashar.
|
KELAS 5 (ULA /
AWALIYAH) semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Memahami ajaran Islam tentang zakat mal
|
1.1.
Menyebutkan pengertian dan dasar hukum zakat mal.1.2. Menyebutkan
macam-macam zakat mal.1.3. Menjelaskan ketentuan tentang zakat
mal..1.4. Menjelaskan tujuan dan hikmah zakat mal.
|
2.
Memahami ajaran Islam tentang zakat fitrah
|
2.1.
Menyebutkan pengertian dan dasar hukum zakat fitrah.2.2. Menjelaskan
ketentuan tentang zakat fitrah.2.3. Menjelaskan tujuan dan hikmah zakat
fitrah..
|
3.
Memahami ajaran Islam tentang infak, shadaqah, dan wakaf
|
3.1.
Zakat menjelaskan pengertian dan dasar hukum infak, shadaqah, dan
waqaf.3.2. Menyebutkan ketentuan tentang infak shadaqah, dan
waqaf.3.3. Menjelaskan tujuan dan hikmah infak shadaqah dan waqaf.
|
KELAS 6
(ULA/AWALIYAH) semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Memahami ajaran Islam tentang haji dan umroh
|
1.1.
Menjelaskan pengertian dan dasar hukum haji dan umroh.1.2. Menjelaskan
tujuan dan hikmah ibadah haji dan umroh.1.3. Mempraktikkan manasik haji
dan umroh.1.4. Menunjukkan perilaku yang mencerminkan etos ibadah haji
dan umroh.
|
2.
Memahami jenis-jenis makanan dan minuman yang halal dan haram
|
2.1.
Menyebutkan jenis-jenis makanan dan minuman yang halal dan
haram.2.2. menyadari pentingnya mengonsumsi makanan dan minuman yang
sehat dan halal.2.3. Membiasakan memakan makanan dan minuman yang halal
dan menghindari makanan dan minuman yang haram.
|
3.
Mengetahui jenis-jenis hewan yang halal dan haram dikonsumsi serta memahami
cara penyembelihannya.
|
3.1.
Menyebutkan jenis-jenis hewan yang halal dan haram dikonsumsi.3.2.
Menjelaskan tata cara penyembelihan hewan.3.3. Menyebutkan hewan yang
halal dan yang perlu disembelih dan yang tidak perlu disembelih.3.4.
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap sayang terhadap
binatang.3.5. Menunjukan perilaku yang mencerminkan sikap sayang
terhadap binatang3.6. Terbiasa menyembelih dengan sesuai dengan syariat
mengemukakan dalil-dalil menjelaskan disyariatkannya qurban, aqiqah dan
khitan.
|
4.
Memahami ajaran Islam tentang qurban, aqiqah dan khitan
|
4.1.
Menjelaskan pengertian dan dasar hukum qurban, aqiqah, dan khitan4.2.
Menyebutkan ketentuan dan tatacara qurban, aqiqah dan khitan4.3.
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap menjunjung tinggi nilai dan
hikmah disyariatkannya qurban, aqiqah dan khitan
|
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR (SKKD)
MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH
(TINGKAT AWWALIYAH)
IDENTITAS
Mata
Pelajaran
: Al- Qur’an
Jumlah Jam
Pelajaran : 4 (empat)
jam/minggu
Waktu
: 40 Menit
Jenis
Pendidikan
: Madrasah Diniyah Takmiliyah
STANDAR KOMPETENSI
LULUSAN MATA PELAJARAN al-Qur’an
Memiliki pengetahuan dan pemahaman
standar tentang al-Qur’an dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari
DINIYAH TAKMILIYAH
AWWALIYAH
KELAS 3
(ULA/AWALIYAH) semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Hafal Surah al-FAtihah
|
1.1.
Membacakan dengan makhrijul huruf yang tepat dan tajwid yang benar (fasih dan
tartil)1.2. Mempertebal/memperjelas teks surah al-Fatihah dengan baik
dan benar.1.3. Mengetahui arti surah al-fatihah dengan baik.
|
2.
Menulis huruf hijaiyah secara terpisah dan bersambung
|
2.1.
Menulis huruf-huruf hijaiyah secara terpisah dengan benar.2.2. Menulis
huruf-huruf hijaiyah secara bersambung dengan benar.
|
3.
Hafal Surah al-Ikhlas
|
3.1.
Membaca dengan makhrjul huruf yang tepat dan tajwid yang benar (fasih dan
tartil).3.2. Mempertebal/memperjelas teks surah al-Ikhlas dengan baik
dan benar.3.3. Mengetahui arti Surah al-Ikhlas dengan baik.
|
4.
Memahami kaidah ilmu tajwid
|
4.1.
Mengetahui kaidah bacaan idghom, ikhfa’, qolqolah dan lainnya.4.2.
mengenal bacaan wakaf dan wasal.4.3. Mempraktikkan bacaan al-Qur’an
sesuai kaidah tajwid..
|
KELAS 4, Semester 1
dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Hafal Surah al-Nas
|
1.1.
Membaca dengan makharijul huruf yang tepat dan tajwid yang benar (fasih dan
tarti)1.2. Menulis kembali surah al-Nas dengan Khot yang
benar.1.3. Mengetahui arti surah al-Nas dengan baik.
|
2.
Hafal Surah al-Falaq
|
2.1.
Membaca dengan makharijul huruf yang tepat dan tajwid yang benar (fasih dan
tartil)2.2. Menulis kembali surah al-Falaq dengan khot yang
benar.2.3. Mengetahui arti surah al-Falaq dengan baik..
|
3.
Memahami kaidah ilmu tajwid tentang tanwin dan nun mati
|
3.1.
Mengenal tanwin dan nun mati3.2. Mengenal hukum idzhar tanwin dan nun
mati.3.3. Mengidentifikasi bacaan idzhar dalam al-Qur’an.
|
KELAS 5, Ssemester
1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Hafal surah al-Fill
|
1.1.
Membaca dengan makharijul huruf yang tepat dan tajwid yang benar (fasih dan
tartil)1.2. Menulis kembali surah at-Fill dengan menterjemahkannya ke
dalam bahasa Indonesia.1.3. Menghafal Surah At-Fill dengan
lancar1.4. Menjelaskan kandungan Surah At-Fill secara sederhana.
|
2.
Hafal surah takatsur
|
2.1.
Membaca dengan makharijul huruf yang tepat dan tajwid yang benar (fasih dan
tartil).2.2. Menulis kembali surah at-Takatsur dan menterjemahkannya ke
dalam bahasa Indonesia.2.3. Menghafal Surah at-Takatsur dengan
benar.2.4. Menjelaskan kandungan Surah at-Takatsur secara sederhana.
|
3.
Memahami kaidah ilmu tajwid tentang tanwin dan nun mati
|
3.1.
Mengenal hukum idgham bila ghunnah tanwin dan nun mati.3.2.
Mempraktikkan bacaan idgham bila ghunnah3.3. Mengidentifikasi bacaan
idgham bila ghunnah.
|
4.
Memahami kaidah ilmu tajwid tentang tanwin dan nun mati
|
4.1.
Mengenal hukum idgham bila ghunnah tanwin dan nun mati.4.2.
Mempraktikkan bacaan iqlab.4.3. Mengidentifikasi bacaan iqlab.
|
5.
Hafal Surah al-Qari’ah
|
5.1.
Membaca dengan makharijul huruf yang tepat dan tajwid yang benar (fasih dan
tartil)5.2. Menulis kembali surah al-Qari’ah dan menterjemahkannya ke
dalam bahasa Indonesia.5.3. Menghafal surah al-Qari’ah dengan
lancar.5.4 Menjelaskan kandungan surah al-Qari’ah secara
sederhana
|
KELAS 6, Semester 1
dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Hafal Surah at- Tin
|
1.1.
Membaca dengan makharijul huruf yang tepat dan tajwid yang benar (fasih dan
tartil)1.2. Menulis kembali surah at-Tin dan menterjemahkannya ke dalam
bahasa Indonesia.1.3. Menghafal surah at-Tin dengan lacar.1.4.
Menjelaskan kandungan surah at-Tin secara sederhana.
|
2.
Hafal Surah Insyirah
|
2.1.
Membaca dengan makharijul huruf yang tepat dan tajwid yang benar (fasih dan
tartil).2.2. Menulis kembali surah al-Insyirah dan menterjemahkannya
kedalam bahasa Indonesia.2.3. Menghafal surah al-Insyirah dengan
lancar.2.4. Menjelaskan kandungan surah al-Insyirah dengan baik.
|
3.
Memahami kaidah ilmu tajwid tentang mim dan nun bertasydid.
|
3.1.
Mengenal huruf ghunnah3.2. Mempraktikkan bacaan ghunnah.3.3.
Mengidentifikasi bacaan ghunnah.
|
4.
Memahami kaidah ilmu tajwid tentang mim mati.
|
4.1.
Mengenal hukum ikhfa’syafawi mim mati.4.2. Mempraktikkan bacaan
ghunnah.4.3. Mengidentifikasi bacaan ikhfa’syafawi.
|
5.
Memahami kaidah ilmu tajwid tentang mim mati.
|
5.1.
mengenal hukum idgham mutamatsilain mim mati.5.2. Mempraktikkan bacaan
idgham mutamatsilain mim mati.5.3. Mengidentifikasi bacaan idgham
mutamatsilain.
|
6.
Hafal Surah al Alaq
|
6.1.
Membaca dengan makharijul huruh yang tepat dan tajwid yang benar (fasih dan
tartil)6.2. Menulis kembali surah al-Alaq dan menterjemahkannya ke
dalam bahasa Indonesia6.3. Menghafal surah al-Alaq dengan lancar.6.4.
Menjelaskan kandungan surah al-Alaq dengan sederhana.
|
7.
Memahami Surah al-Dhuha
|
7.1.
Membaca dengan makharijul huruh yang tepat dan tajwid yang benar (fasih dan
tartil).7.2. Menulis kembali surah al-Dhuha dan menterjemahkannya ke dalam
bahasa Indonesia7.3. menghafal surah al-Dhuha dengan lancar.7.4.
menjelaskan kandungan surah al-dhuha dengan sederhana.
|
8.
Memahami kaidah ilmu tajwid tentang mad.
|
8.1.
Mengenal hukum mad thabi’i8.2. Mempraktikkan bacaan mad wajib
muttashil.8.3. Mengidentifikasi bacaan mad wajib muttashil
|
9.
Memahami kaidah ilmu tajwid tentang mad.
|
9.1.
Mengenal hukum mad wajib muttashil9.2. mempraktikkan bacaan mad wajib
muttashil.9.3. Mengidentifikasi bacaan mad wajib muttashil.
|
10.
Mengenal kaidah ilmu tajwid tentang mad.
|
10.1.
Mengenal hukum mad jaizmunfashil.10.2. Mempraktikkan
bacaan mad jaiz munfashil.10.3. Mengidentifikasi
bacaan mad jaiz munfashil.
|
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR (SKKD)
MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH
(TINGKAT AWWALIYAH)
IDENTITAS
Mata
Pelajaran
: Hadis
Jumlah Jam
Pelajaran : 4
(empat) jam/minggu
Waktu
: 40 Menit
Jenis
Pendidikan
: Madrasah Diniyah Takmiliyah
STANDAR KOMPETENSI
LULUSAN MATA PELAJARAN al-Qur’an
Memiliki pengetahuan dan pemahaman
standar dalam lingkup Hadis dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari
DINIYAH ULA /
AWWALIYAH
KELAS 3, semester 1
dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Melafadzkan hadis-hadis pendek tentang kebersihan dengan fasih dan benar
|
1.1.
Menghafal hadis-Hadis pendek tentang urgensi kebersihan.1.2.
Menerjemahkan dan mempertebal / memperjelas teks hadis tentang
kebersihan.1.3. Menampilkan prilaku bersih di lingkungan sekitar..
|
2.
Melafadzkan hadis-hadis pendek tentang kewajiban menghormati orang tua
|
2.1.
Menghafal hadis-hadis pendek tentang kewajiban menghormati orang
tua.2.2. Menerjemahkan dan mempertebal\ memperjelas teks hadis tentang
kewajiban menghormati orang tua.2.3. Menunjukkan sikap menghormati
orang tua dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.
Melafadzkan hadis-hadis pendek tentang kewajiban bertakwa.
|
3.1.
Menghafal hadis-hadis pendek tentang kewajiban bertakwa.3.2.
Menerjemahkan dan mempertebal / memperjelas teks hadis tentang kewajiban
bertakwa.3.3. Menunjukkan cirri-ciri orang yang benar-benar bertakwa
secara sederhana.3.4. Menampilkan prilaku bertakwa di mana saja berada.
|
4.
Melafadzkan hadis-hadis pendek tentang salat berjamaah, dan cirri-ciri orang
munafik.
|
4.1.
Menghafal hadis –hadis pendek tentang keutamaan salat berjamaah dan
cirri-ciri orang munafik.4.2. Mempertebal / memperjelas teks hadis
tentang keutamaan shalat berjamaah dan cirri-ciri orang munafik.4.3.
Menunjukkan kegemaran shalat berjamaah setiap hari.4.4. Menampilkan
prilaku jujur dan amanah.
|
KELAS 4, Semester 1
dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Melafadzkan hadis-hadis pendek tentang beberapa akhlak mulia.
|
1.1.
Menghafal hadis tentang wajib hidup jujur dan menjauhi sifat pembohong dan
penghianat.1.2. Menterjemahkan hadis tentang wajib hidup jujur dan
menjauhi sifat pembohong dan penghianat.1.3. Menerapkan hidup jujur dan
menjauhi sifat bohong dan khianat.1.4. Menulis kembali hadis-hadis
pendek tentang macam-macam akhlak al-karimah dan akhlak
al-madzmumah.1.5. Menunjukkan sikap berakhlak mulia dalam kehidupan
sehari-hari.1.6. Melaksanakan aturan-aturan dan norma-norma yang
berlaku di keluarga dan masyarakat.
|
2.
Melafadzkan hadis-hadis pendek tentang kewajiban bersikap toleransi dan
saling menghargai.
|
2.1.
Menulis kembali hadis tentang pentingnya sikap toleransi dan saling
menghargai.2.2. menghafal hadis tentang pentingnya sikap toleransi dan
saling menghargai.2.3. Menunjukkan contoh sikap-sikap toleransi dan
saong menghargai.2.4. Melaksanakansikap-sikap toleransi dengan saling
menghargai di mana saja berada.
|
3.
Melafazkan hadis-hadis pendek tentang kewajiban patuh terhadap kepada guru.
|
3.1.
Menghafal teks hadis tentang kewajiban taat kepada guru.3.2.
Menterjemahkan teks hadis tentang kewajiban taat kepada guru.3.3.
Mengenal nilai kepatuhhan, kedisiplinan dan senang belajar dalam kehidupan
sehari-hari.3.4. Melaksanakan perilaku patuhh, sopan, tawadlu’ dan disiplin
di mana saja berada.
|
KELAS 5, Ssemester
1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Memahami makna hadis persaudaraan, silaturrahim dan persahabatan.
|
1.1.
Menghafal bunyi hadis tentang kewajiban ukhuwah islamiyah, silaturrahim dan
persahabatan.1.2. Menterjemahkan hadis tentang kewajiban ukhuwah
islamiyyah, silaturrahim dan persahabatan.1.3. Mengenal kandungan makna
silaturrahim dan hubungannya dengan ukhuwah al slamiyyah.1.4.
Mengamalkan kegiatan silaturrahim dan persahabatan sejati (al-hubb
fillah) dalam
kehidupan sehari-hari.
|
2.
Memahami hadis tentang rukun Iman.
|
2.1.
Menghafal bunyi hadis tentang 6 rukun iman.2.2. menterjemahkan serta
menulis kembali hadis tentang 6 rukun iman2.3. Memberikan contoh hidup
beriman kepada Allah, Malaikat, Kitab-kitab-Nya, Rasul-Rasul-Nya, Hari Kiamat
dan Takdir Allah SWT di mana saja berada.
|
3.
Memahami hadis tentang pentingnya sikap pemaaf dan penyayang kepada sesama
makhluk Allah.
|
3.1.
Menghafal teks hadis tentang kewajiban bersikap pemaaf dan penyayang kepada
sesama makhluk Allah SWT.3.2. Menterjemahkan hadis tentang kewajiban
bersikap pemaaf dan penyayang kepada sesama makhluk Allah SWT.3.3.
Memberikan contoh sikap pemaaf dan penyayang, baik kepada sesama manusia,
tumbuhan dan hewan.3.4. Menampilkan perilaku pemaaf dan penyayang baik
kepada sesama manusia, tumbuhan dan hewan.
|
4.
Memahami hadis tentang muslim/muslimah yang paling baik.
|
4.1.
Menghafal teks hadis tentang sebaik-baiknya manusia adalam yang paling
bermanfaat bagi manusia lainnya.4.2. Menterjemahkan hadis tentang
sebaik-baik manusia adalam paling bermanfaat bagi manusia lainnya..4.3.
Mengenal jati diri muslim/muslimah yang baik, seperti toleransi (at-Tasamuh),
adil (Ad-Adl), dan moderat (At- Tawassuth) kepada sesama makhluk
Allah.4.4. Menampilkan rasa bangga sebagai muslim/muslimah Indonesia.
|
KELAS 6, Semester 1
dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Mamahami hadis tentang rukun Islam..
|
1.1.
Menghafal teks hadis tentang 5 rukun Islam.1.2. Menterjemahkan hadis
tentang 5 rukun Islam1.3. Memberikan contoh hubungan Iman dengan Islam
dalam kehidupan sehari-hari..1.4. Menerapkan rukun Islam dalam
kehidupan sehari-hari.
|
2.
Memahami hadis tentang ihsan
|
2.1.
Menghafal teks hadis tentang Ihsan.2.2. Menterjemahkan hadis tentang
Ihsan2.3. Menerapkan nilai-nilai Ihsan dalam bermain/bergaul, belajar,
beribadah dan berhubungan sosial.2.4. Melaksanakan Ihsan dalam
kehidupan sehari-hari.
|
3.
Memahami hadis tentang salat berjamaah
|
3.1.
Menghafal teks hadis tentang salat berjamaah.3.2. Menterjemahkan hadis
tentang salat berjamaah.3.3. Menulis kembali hadis tentang salat
berjamaah.3.4. Membiasakan shalat berjamaah dalam kehidupan sehari-hari
|
4.
Memahami hadis tentang menyayangi anak yatim.
|
4.1.
Menghafal teks hadis tentang menyayangi anak yatim.4.2. Menerjemahkan
hadis tentang menyayangi anak yatim.4.3. Menulis kembali hadis tentang
kewajiban menyayangi anak yatim.4.4. Menjelaskan isi kandungan hadis
tentang menyayangi anak yatim secara sederhana..
|
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR (SKKD)
MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH
(TINGKAT AWWALIYAH)
IDENTITAS
Mata
Pelajaran
: Akidah
Jumlah Jam
Pelajaran : 4 (empat) jam
/ minggu
Waktu
: 40
Menit
Jenis
Pendidikan
: Madrasah Diniyah Takmiliyah
STANDAR KOMPETENSI
LULUSAN MATA PELAJARAN FIKIH
Memiliki pengetahuan dan pemahaman
standar dalam lingkup Akidah dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari.
KELAS 3
(ULA/AWALIYAH) semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Memahami hakikat Tauhid kepada Allah SWT.
|
1.1.
Menjelaskan makna dasar Tauhid.1.2. Menjelaskan pengertian dan cakupan
tauhid kepada Allah SWT.1.3. Melaksanakan Perilaku “tauhidy” dalam kehidupan
keseharian.
|
2.
Memahami serta mengimani Allah sebagai Rabbul ‘Alamin
|
2.1.
Menjelaskan hakikat iman kepada Allah sebagai Rabbul ‘Alamin2.2.
Menjelaskan perbedaan Kholiq dan Makhuq mengenali Dzat, Sifat dan
Af’al-Nya.2.3. Menguraikan dan menjelaskan sifat-sifat wajib Allah (sifat
Nafsiyah, Salbiyah, Ma’ani, dan Ma’nawiyah). Sifat Mustahil bagi
Allah dan Sifat Jaiz bagi Allah.2.4. Menjelaskan makna al Asma’ al
Husna dan implementasinya bagi manusia sebagai makhluk Allah Rabbul
‘Alamin.2.5. Menyebutkan dalil tentang iman kepada Allah SWT.
|
3.
Memahami kebesaran Allah dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.1.
Menjelaskan makna dan implementasi dzikrullah.3.2. menjelaskan makna
dan implementasi tafakkur dantadabbur.3.3.
Melaksanakan perilaku syukur dalam kehidupan sehari-hari..
|
4.
Memahami dan mengimani Malaikat Allah
|
4.1.
Menjelaskan hakikat iman kepada Malaikat Allah SWT.4.2. Menguraikan
tugas-tugas Malaikat Allah SWT.4.3. Menjelaskan perilaku dan sifat
Malaikat Allah SWT.4.4. Menyebutkan dalil-dalil iaman kepada malaikat
Allah.4.5. Melaksanakan perilaku Ta’abudy dalam kehidupan sehari-hari.
|
KELAS 4 (ULA /
AWALIYAH) semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Memahami dan meyakini/mengimani kitab-kitab suci Allah
|
1.1.
Menyebutkan dalil tentang mu’jizat al-Qur’an.1.2. Menjelaskan hakikat
kitab suci Allah.1.3. Menjelaskan hubungan ayat-ayat Qauliyah dan
Kauniyah.1.4. Menjelaskan fungsi dan mu’jizat al-Qur’an.1.5.
Mempraktekkan perilaku Qur’ani dalam kehidupan sehari-hari..
|
2.
Memahami Rasul-Rasul Allah.
|
2.1.
Menjelaskan makna dan misi kerasulan.2.2. Menjelaskan hubungan antara
wahyu dan rasul.2.3. Menyebutkan nama-nama rasul Allah SWT.2.4.
Menyebutkan Rasul-Rasul yang mendapat gelar Ulul ‘azmi.2.5. Menguraikan
makna mu’jizat bagi para Rasul2.6. Menguraikan kerarulan Muhammad SAW
sebagai khatamil anbiya wal mursalin.2.7. Mempraktekkan perilaku mulia
sebagaimana dicontohkan para Rasul.
|
3.
Memahami dan mengimani hari Akhir.
|
3.1.
Menyebutkan dalil tentang iman kepada hari akhir.3.2. Menjelaskan makna
beriman kepada hari akhir.3.3. Menjelaskan tentang alam
barzakh.3.4. Menguraikan tentang kebangkitan di akhirat (kebangkitan
danperhitungan amal)3.5. Menjelaskan hakikat surga dan neraka.3.6.
Menunjukkan sikap kehati-hatian dalam kehidupan sehari-hari.
|
4.
Memahami dan meyakini hakikat Qadha dan Qadar Allah.
|
4.1.
Menjelaskan hakikat iman kepada Qadha’ dan Qadar Allah.4.2. Menjelaskan
hubungan Qadha’ dan Qadar Allah terhadap manusia4.3. Menjelaskan
pentingnya memiliki etos kerja/berusaha dalam kehidupan.4.4.
Menyebutkan dalil tentang iman kepada Qadha dan Qadar Allah SWT.
|
KELAS 5 (ULA /
AWALIYAH) semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Memahami dan menjelaskan bentuk-bentuk tauhid dalam kehidpan sehari-hari.
|
1.1.
Menjelaskan relasi iman, Islam dan Ihsan.1.2. Menjelaskan hubungan
fungsional antara Tauhid dan Akhlak.1.3. Menyebutkan dalil tentang
hubungan Iman, Islam dan Ihsan.1.4. Menampilkan perilaku “tauhidy”
dalam kehidupan keseharian.
|
2.
Memahami dan meyakini serta mengimani Allah sebagai Rabbul ‘Alamin.
|
2.1.
Menjelaskan hakikat iman kepada Allah sebagai Rabbul ‘Alamin.2.2.
Menjelaskan perbedaan Kholiq dan makhluq mengenali Dzat, sifat, dan
afal-Nya.2.3. Menguraikan dan menjelaskan sifat-sifat Wajib Allah
(sifat Nafsiyah, Salbiyah, Ma’ani dan Ma’Nawiyah), sifat Mustahil bagi Allah
dan sifat Jaiz bagi Allah.2.4. Menjelaskan makna Al Asma’ al Husna dan
implementasinya bagi manusia sebagai makhluk Allah RAbbul ‘Alamin.2.5
Menyebutkan dalil tentang iman kepada Allah SWT.
|
3.
Memahami dan meyakini kebesaran Allah dan mensikapinya dalam kehidupan
sehari-hari.
|
3.1.
Menjelaskan makna dan impelmentasi dzikrullah.3.2. Menjelaskan makna
dan implementasi tafakkur dan tadabbur.3.3. Menampilkan perilaku syukur
dalam kehidupan sehari-hari.
|
KELAS 6
(ULA/AWALIYAH) semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Memahami dan meyakini serta mengimani malaikat Allah
|
1.1.
Menjelaskan hakikat iman kepada Malaikat Allah SWT..1.2. Menguraikan
tugas-tugas Malaikat Allah SWT.1.3. Menjelaskan perilaku dan sifat
Malaikat Allah SWT.1.4. Menyebutkan dalil-dalil tentang iman kepada
malaikat Allah SWT.1.5. Menampilkan perilaku Taabbudy dalam kehidupan
sehari-hari.
|
2.
Memahami dan meyakini/mengimani kitab-kitab suci Allah
|
2.1.
Menjelaskan hakikat kitab suci Allah.2.2. Menjelaskan hubungan
ayat-ayat Qauliyah dan Kauniyah.2.3. Menjelaskan Mu’jizat al-Qur’an2.4.
Menyebutkan dalil tentang mu’jizat al-Qur’an.
|
3.
Memahami fungsi kitab suci Allah dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.1.
Menjelaskan fungsi Al-Qur’an sebagai pedoman hidup.3.2. Menampilkan
perilaku Qur’ani dalam kehidupan sehari-hari.
|
4.
Memahami dan meyakini/mengimani Rasul-Rasul Allah.
|
4.1.
Menjelaskan makna dan misi kerasulan.4.2. Menjelaskan hubungan antara
wahyu dan rasul.4.3. Menyebutkan nama-nama rasul Allah SWT.4.4.
Menyebutkan rasul-rasul yang mendapat gelar ulul ‘azmi.4.5. Menguraikan
makna mu’jizat bagi para Rasul.4.6. Menguraikan kerasulan Muhammad SAW sebagai
khatamil anbiya wal mursalin.4.7. Menyebutkan dalil tentang iman kepada
rasul-rasul Allah.
|
5.
Memahami dan meneladani perilaku Rasul dalam kehidupan sehari-hari.
|
5.1.
Menjelaskan fungsi Rasul sebagai “uswatun hasanah”.5.2. Menjelaskan
kerasulan Muhammad SAW. Sebagai rahmatan lil ‘alamin.5.3. Menampilkan
perilaku mulia sebagaimana dicontohkan para Rasul.
|
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR (SKKD)
MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH
(TINGKAT AWWALIYAH)
IDENTITAS
Mata
Pelajaran
: Akhlak
Jumlah Jam
Pelajaran : 4 (empat) jam /
minggu
Waktu
: 40 Menit
Jenis
Pendidikan
: Madrasah Diniyah Takmiliyah
STANDAR KOMPETENSI
LULUSAN MATA PELAJARAN FIKIH
Memiliki pengetahuan dan pemahaman
standar dalam lingkup Akhlak dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari.
KELAS 3
(ULA/AWALIYAH) semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Mengenal perbuatan yang baik dan yang buruk
|
1.1.
Menampilkan perilaku sayang kepada diri sendiri.1.2. menampilkan
perilaku sayang kepada teman.1.3. Menampilkan perilaku taat pada orang
tua/guru.1.4. Menjauhi perilaku mengganggu orang lain.1.5.
Menjauhi perilaku menyakiti orang lain1.6. Menjauhi perilaku membuat
onar.
|
2.
menghafal doa-doa keseharian
|
2.1.
Menyebut doa mau makan di luar kepala.2.2. menyebut doa setelah makan
diluar kepala
|
3.
Mengenal perbuatan yang baik dan yang buruk.
|
3.1.
Menamilkan perilaku sayang kepada tumbuh-tumbuhan.3.2. Menampilkan
perilaku sayang kepada hewan/binatang.3.3. Menampilkan perilaku sopan
pada orang tua/guru.3.4. Menjauhi perilaku menyakiti diri
sendiri.3.5. Menjauhi perilaku menyakiti orang lain.3.6. Menjauhi
perilaku menyakiti hewan/binatang.37. Menjauhi
perilaku merusak tanaman.
|
4.
Menghafal doa-doa keseharian
|
4.1.
Menyebutkan doa mau masuk kamar mandi.4.2. Menyebutkan doa keluar dari
kamar mandi.4.3. Menyebutkan doa mau tidur.4.4. Menyebutkan doa
bangun tidur.4.5. Menyebutkan doa untuk orang tua.4.6. Menyebutkan
doa keselamatan di dunia dan akhirat.
|
KELAS 4 (ULA /
AWALIYAH) semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Mengenal perbuatan yang baik dan yang buruk serta menghafal dalilnya.
|
1.1.
Mengenal perbuatan baik yang disukai oleh orang lain (menolong, menyayangi,
menghormati, dan menghargai)1.2. Menjauhi perbuatan buruk yang tidak
disukai oleh orang lain (mengganggu, menghina, membentak, memukul dan
menyakiti).1.3. Membiasakan perbuatan baik yang disukai oleh orang lain
dimana saja berada.1.4. Menjauhkan diri dari perbuatan buruk yang tidak
disukai oleh orang lain dimana saja berada.1.5. Menyebutkan dalil
tentang perbuatan baik dan perbuatan buruk.
|
2.
Menghafal doa-doa keseharian.
|
2.1.
Menyebutkan doa ketika keluar rumah.2.2. Menyebutkan doa ketika tiba di
rumah2.3. Menyebutkan doa mau belajar.2.4. Menyebutkan doa
selesai belajar.2.5. Menyebutkan doa ketika bertemu dengan
binatang.2.6. Menyebutkan doa ketika mendengar halilintar.2.7.
Menyebutkan doa ketika melihat sesuatu yang mengagumkan.
|
3.
Mengenal akhlaq Islam
|
3.1.
Menyebutkan pengertian akhlak3.2. Menyebutkan dalil tentang pentingnya
akhlaq.
|
KELAS 4 (ULA /
AWALIYAH) semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menguasai 500-850 kosakata baru dengan sturktur kalimat (tarkib
al-kalimat) yang
baik dan benar, sesuai dengan tema-tema yang tersedia dalam materi pokok
(keagamaan, social, budaya, ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni), santri
didik memiliki skill untuk memahami teks-teks berbahasa arab serta
menggunakannya dalam bahasa percakapan dan insya’
muwajjah.
|
Dengan
menggunakan 62-106 mufradat baru dan sturktur kalimat yang mengandung
bentuk-bentuk :Santri mampu membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam
insya muwajjah sesuai tema dalam materi pokokDengan menggunakan 62-106
mufradiat baru dan struktur kalimat yang mengandung bentuk-bentuk :Santri
mampu membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam insya muwajjah sesuai
tema dalam materi pokok.Dengan menggunakan 62-106 mufradiat baru dan struktur
kalimat yang mengandung bentuk-bentuk :Santri mampu membaca, memahami
berbicara dan menulis dalam insya muwajjah sesuai tema dalam materi
pokok.Dengan mengggunakan 62-106 mufradiat baru dan struktur kalimat yang mengandung
bentuk-bentuk :
Santri
mampu membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam insya muwajjah sesuai
tema dalam materi pokok.
Dengan
menggunakan 62-106 mufradiat baru dan struktur kalimat yang mengandung
bentuk-bentuk :
Santri
mampu membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam insya’ muwajjah sesuai
tema dalam materi pokok.
Dengan
menggunakan 62-106 mufradiat baru dan struktur kalimat yang mengandung
bentuk-bentuk :
Santri
mampu membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam insya muwajjah sesuai
tema dalam mteri pokok.
Dengan
menggunakan 62-106 mufradiat baru dan struktur kalimat yang mengandung
bentuk-bentuk
Santri
mampu membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam insya muwajjah sesuai
tema dalam materi pokok dengan menggunakan 62-106 mufradiat baru dan struktur
kalimat yang mengandung bentuk-bentuk :
Selain
mampu membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam insya muwajjah sesuai
tema dalam bentuk materi pokok.
|
KELAS 5
(ULA/AWALIYAH) semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Mengenal Akhlak Mahmudah serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
1.1.
Menyebutkan pengertian akhlak mamhmudah1.2. Menyebutkan akhlak mahmudah
kepada Allah..1.3. Menampilkan diri berakhlak mahmudah kepada Allah
(Syukur,Sabar, Ikhlas).1.4. Mengenal kiah orang-orang yang bersyukur,
sabar, ikhlas.1.5. Menyebutkan dalil-dalil tentang berakhlak mahmudah kepada
Allah (syukur, Sabar, Ikhlas).
|
2.
Membiasakan diri berakhlak mahmudah dalam kehidupan sehari-hari
|
2.1.
Menyebutkan akhlak mahmudah kepada diri sendiri..2.2. Menampilkan diri
berakhlak mahmudah kepada diri sendiri meliputi Qana’ah, Tawadlu’, Syaja’ah,
dan samahah.2.3. Mengenal kisah orang-orang yang Qana’ah, Tawadlu’,
Syaja’ah, dan Samahah.2.4. Menyebutkan dalil-dalil tentang Qana’ah Tawadlu’,
Syaja’ah, dan Samahah.
|
KELAS 6
(ULA/AWALIYAH) semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Membiasakan diri berakhlak mahmudah dalam kehidupan sehari-hari.
|
1.1.
Menyebutkan akhlak mahmudah kepada orang lain.1.2. Menampilkan diri
berakhlak mahmudah kepada orang lain (kasih sayang, ukhuwah, sakha/dermawan,
senang menolong, tawadlu’, dan pemaaf.1.3. Mengenali kisah orang-orang
yang berperilaku kasih sayang, ukhuwah,sakha/dermawan, senang menolong,
tawadlu’ dan pemaaf.1.4. menebutkan dalil-dalil tentang kasih sayang
ukhuwah, sakha/dermawan, senang menolong, tawadlu’,dan pemaaf.
|
2.
Membiasakan diri berakhlak mahmudah dalam kehidupan sehari-hari
|
2.1.
Menyebutkan akhlak mahmudah kepada alam lingkungan.2.2. Menampilkan
diri berakhlak mahmudah kepada diri sendiri meliputi Qana’ah, Tawadlu’,
Syaja’ah, dan samahah.2.3. Mengenal kisah orang-orang yang Berprilaku
cinta kebersihan , sayang binatang, sayang tumbuh-tumbuhan, dan cinta
lingkungan sehat2.4. Menyebutkan dalil-dalil tentang cinta kebersihan, sayang
binatang, sayang tumbuh-tumbuhan dan cinta lingkungan sehat
|
3.
Membiasakan diri menjauhkan diri dari akhlak Madzmumah dalam kehidupan
sehari-hari, cinta kebersihan, saying binatang, saying tumbuh-tumbuhan dan
cinta lingkungan sehat.
|
3.1.
Menyebutkan pengertian akhlak madzmumah3.2. Menyebutkan akhlak
madzmumah kepada Allah Swt.3.3. Menjauhkan diri dari syirik, munafik,
dan fasik3.4. Mengenal kisah akibat bagi orang-orang yang syirik,
munafik, dan fasik.3.5. Menyebutkan dalil-dalil tentang larangan
syirik, munafik, dan fasik.
|
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR (SKKD)
MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH
(TINGKAT AWWALIYAH)
IDENTITAS
Mata
Pelajaran
: Tarikh
Jumlah Jam
Pelajaran : 4
(empat) jam / minggu
Waktu
: 40 Menit
Jenis
Pendidikan
: Madrasah Diniyah Takmiliyah
STANDAR KOMPETENSI
LULUSAN MATA PELAJARAN TARIKH
Memiliki pengetahuan dan pemahaman
standar dalam lingkup Tarikh dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari.
KELAS 3
(ULA/AWALIYAH) semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Mengenal sejarah Nabi-Nabi selain belum Nabi Muhammad SAW.
|
1.1.
Mendengarkan sejarah Nabi Adam AS1.2. Mendengarkan sejarah Nabi Idris
AS1.3. Mendengarkan sejarah Nabi Luth AS1.4. Mendengarkan sejarah
Nabi Hud AS
|
2.
Mengenal sejarah Nabi-Nabi selain Ulul Azmi
|
2.1
Mendengarkan sejarah Nabi SolehAS2.2. Mendengarkan sejarah Nabi
Zakariya AS2.3. Mendengarkan sejarah Nabi Yahya AS
|
3.
Mengenal sejarah Nabi-Nabi Ulul Azmi
|
3.1.
Mendengarkan sejarah Nabi Ilyas AS3.2. Mendengarkan sejarah Nabi Ilyasa
AS3.3. Mendengarkan sejarah Nabi Dzulkifli AS3.4. Mendengarkan
sejarah Nabi Ismail AS.3.5. Mendengarkan sejarah Nabi Ishak
AS.3.6. Mendengarkan sejarah Nabi Yusuf AS.3.7. Mendengarkan
sejarah Nabi Ya’kub AS
3.8.
Mendengarkan sejarah Nabi Syu’aib AS
3.9.
Mendengarkan sejarah Nabi Harun AS
3.10.
Mendengarkan sejarah Nabi Sulaiman AS
3.11.
Mendengarkan sejarah Nabi Dawud AS
3.12.
Mendengarkan sejarah Nabi Nuh AS
3.13.
Mendengarkan sejarah Nabi Ayub AS
3.14.
Mendengarkan sejarah Nabi Musa AS.
3.15.
Mendengarkan sejarah Nabi Isa AS
3.16.
Mendengarkan sejarah Nabi Ibrahim AS
|
4.
Mengetahui Kondisi Jazirah Arab sebelum kelahiran Nabi Muhammad SAW.
|
4.1.
Mengetahui Peta jazirah Arabia4.2. Mengetahui Keyakinan masyarakat
jahiliyah4.3. Mengetahui Kondisi social ekonomi4.4. mengetahui
Kondisi Sosial Politik.4.5. Mengetahui suku-suku bangsa Arab4.6.
Mengetahui Kebudayaan masyarakat jahiliyah
|
KELAS 4 (ULA /
AWALIYAH) semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menenal sejarah Nabi Muhammad SAW. Pada masa kelahirannya.
|
1.1.
Mendengar peristiwa kelahiran Nabi Muhammad SAW.1.2.
Peristiwa-peristiwa penting pada masa kelahiran Nabi Muhammad SAW.
|
2.
Mengenal Sejarah Nabi Muhammad SAW pada masa kecil.
|
2.1.
Mendengar figure ayah dan ibu mahammad SAW.2.2. Mendengar sejarah
Muhammad dalam asuhan ibu kandungnya2.3. Mendengar sejarah Muhammad
dalam asuhan orang lain2.4. Mendengar peristiwa wafatnya ibu kandng
Muhammad SAW.2.5. Mendengar sejarah Muhammad SAW. dalam asuhan kakeknya
(Abdul Muththalib)2.6. Mendengar sejarah Muhammad SAW dalam asuhan
Pamannya (Abu Thalib)2.7. Mendengar sosok Nabi Muhammad sebagai
pengembala kambing
2.8.
Menyebutkan sifat-sifat terpuji yang dimiliki Muhammad SAW. di masa kecil
2.9.
Menyebut sifat-sifat terpuji yang dimiliki Nabi Muhammad di masa kecil.
10.2.Menunjukkan
perilaku mencontoh sifat terpuji Nabi Muhammad SAW di masa kecil..
|
3.
Mengenal sejarah Nabi Muhammad SAW pada masa dewasa
|
3.1.
Menceritakan kisah Muhammad SAW saat mengikuti pamannya berdagang.3.2.
Menceritakan kisah Muhammad SAW saat dipercaya membawa barang dagangan Siti
Khadijah.3.3. Menyebutkan sebab-sebab keberhasilan perdagangan Nabi
Muhammad SAW.3.4. Menampilkan perilaku Nabi yang dapat ditauladani
dalam bidang perdagangan.3.5. Menceritakan proses peristiwa pernikahan
Muhammad SAW dengan Siti Khadijah.3.6. Menyebutkan keteladanan Muhammad
SAW dan Khadijah dalam membina keluarga.3.7 Mencerminkan perilaku
pentingnya mencontoh keluarga Muhammad SAW dalam keluarga dan lingkungan.
|
KELAS 5 (ULA /
AWALIYAH) semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Mengenal sejarah Nabi uhammad SAW pada masa Kenabian Periode Mekah
|
1.2.
Menceritakan kehidupan Muhamad SAW menjelang pengangkatan kenabian2.2.
Menceritakan kisah pengangkatan kenabian Muhammad SAW.3.2. Menceritakan
keadan Muhammad dan keluarga di awal kerasulannya.4.2. Mengenal
ayat-ayat al-Qur’an yang turun di masa awal kenabian Muhammad SAW.5.2.
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan penjiwaan terhadap kenabian Muhammad
SAW.6.2. Menceritakan tentang da’wah Rasulullah SAW secara
sembunyi-sembunyi.7.2. menyebutkan nama-nama sahabat yang masuk Islam.
8.2.
Menyebutkan pelajaran yang diambil dari metode berdakwah di masa awal.
9.2.
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan penjiwaan terhadap perjuangan
Rasulullah di masa awal da’wah.
|
2.
Mengenal Sejarah Nabi Muhammad SAW pada masa Kenabian Periode Madinah
|
1.2.
Menjelaskan Struktur social masyarakat Madinah khususnya persaingan antar
suku.2.2. Menyebutkan factor-faktor yang menyebabkan masyarakat Madinah
menerima Islam.3.2. Menjelaskan keadaan ekonomi masyarakat Madinah.4.2
Menjelaskan perkembangan da’wah rasulullah di Madinah.5.2. Menjelaskan peran
Nabi dalam menyatukan kelompok Muhajirin dan Anshar6.2. Menjelaskan
perkembangan kondisi social dan kehidupan beragama di Madinah.7.2.
Menceritakan gangguan kaum kafir Quraisy terhadap kaum muslimin Mekkah dan
Madinah.
8.2.
Mengenal peristiwa perang Badar dan Uhud
9.2.
Menjelaskan peristiwa perjanjian Hudaibiyah
10.2.Mencerminkan
perilaku toleransi dalam dalam beragama sebagaimana keragaman agama di
Madinah.
11.2.
Mengenal sebab-sebab dan peristiwa peperangan yang diikuti Rasulullah
(ghazwah)
12.2.
Mengenal sebab-sebab dan peristiwa peperangan yang diikuti sahabat Rasulullah
(Sariyyah)
13.2.
Menyebut nama-nama peperangan yang diikuti Rasulullah dan para Sahabatnya.
14.2.
Mencerminkan sikap anti kekerasan dalam berda’wah dan menanamkan metode
da’wah secara damai.
|
3.
Mengenal Sejarah Nabi Muhammad SAW pada Masa akhir hayatnya.
|
3.2.
Menjelaskan peristiwa Haji wada’3.3. Menjelaskan peristiwa
Amul Fath3.4. Memahami isi khutbah haji
wada’3.5. Menceritakan kisah wafatnya Rasulullah
SAW.3.6. Memahami Muhammad, Nabi/Rasul akhir zaman
|
KELAS 6
(ULA/AWALIYAH) semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Mengenal Sejarah Islam masa kahlifah Abu Bakar
|
1.1.
Menerangkan sissilah dan kedudukan Abu Bakar Siddieq1.2. menjelaskan
kehidupan Abu Bakar As-Siddieq sebelum dan setelah masuk Islam dan
hubungannya dengan Nabi Muhammad SAW.1.3. menerangkan
persahabatan dan kesetiaan Abu Bakar ra terhadap Rasulullah SAW dalam
berda’wah.1.4. mencerminkan perilaku meneladani sifat-sifat kemulyaan
Abu Bakar ra.
|
2.
Mengenal sejarah Islam masa khalifa Umar bin Khattab
|
2.1.
menerangkan silsilah dan kedudukan Umar Bin Khatthab ra.2.2.
Menjelaskan kehidupan Umar bin Khaththab ra sebelum dan setelah masuk Islam
dan hubungannya dengan Nabi Muhammad SAW.2.3. Menerangkan persahabatan
dan kesetiaan Usman Bin Affan ra terhadap Rasulullah SAW dalam berda’wah.2.4.
Mencerminkan perilaku meneladani sifat-sifat kemulyaan Umar Bin Khaththab
ra..
|
3.
Mengenal Sejarah Islam masa Khalifah Utsman bin Affan
|
3.2.Menerangkan
silsilanh dan kedudukan Usman bin Affan ra3.3.Menjelaskan kehidupan Usman bin
Affan ra sebelum dan setelah masuk Islam dan hubungannya dengan Nabi Muhammad
SAW3.4.Menerangkan persahabatan dan kesetiaan Usman bin Affan ra terhadap
Rasulullah SAW dalam berda’wah.3.5.Mencerminkan perilaku meneladani
sifat-sifat kemulyaan Usman bin Affan ra.
|
4.
Mengenal sejarah Islam masa khalifah Ali bin Abi Thalib
|
3.2.
menerangkan silsilah dan kedudukan Ali bin Abi Thalib ra.3.3.
Menjelaskan kehidupan Ali bin Abi Thalib ra sebelun dan setelah masuk Islam
dan Hubungannya dengan Nabi Muhammad SAW.3.4. Menerangkan persahabatan
dan kesetiaan Ali bin Abi Thalib ra terhadap Rasulullah SAW dalam berda’wah.3.5.
Mencerminkan perilaku meneladani sifat-sifat kemulyaan Ali bin Abi Thalib ra.
|
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR (SKKD)
MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH
(TINGKAT AWWALIYAH)
IDENTITAS
Mata
Pelajaran
: Bahasa Arab
Jumlah Jam Pelajaran
: 4 (empat) jam / minggu
Waktu
: 40
Menit
Jenis
Pendidikan
: Madrasah Diniyah Takmiliyah
STANDAR KOMPETENSI
LULUSAN MATA PELAJARAN B. ARAB
Memiliki pengetahuan dan pemahaman
standar dalam lingkup Bahasa Arab dan mempraktikkannya dalam kehidupan
sehari-hari.
KELAS 3
(ULA/AWALIYAH) semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Mampu membaca dan meunulis teks berbahasa Arab yang sesuai dengan tema-tema
pokok yang berkorelasi dengan mata pelajaran Al-Qur’an, Hadis, aqiqah,akhlak,
fiqih, dan tarikh
|
3.1.
Membaca teks berbahasa Arab sederhana yang sesuai tema dalam materi pokok
dangn menggunakan 10-15 mufradat baru dengan alokasi waktu 4 jam pelajaran.
(1 JP = 35 menit x 4 JP = 140 menit).3.2. Menyalin teks berbahasa Arab
sederhana yang sesuai tema dalam materi pokok dengan menggunakan mufradat
baru tersebut.3.3. Menyebutkan mufradat baru beserta artinya sesuai
dengan tema pokok.
|
2.
Menguasai 120 kosakata baru sesuai dengan tema-tema pokok yang berkorelasi
dengan mata pelajaran al-Qur’an, hadis, aqiqah, akhlak, fiqih dan tarikh.
|
4.1
Membaca teks berbahasa Arab sederhana yang sesuai dengan tema dalam materi
pokok dengan menggunakan 10-15 mufradat baru dengan alokasi waktu 4 jam
pelajaran.4.2. Menyalin Teks berbahasa Arab secara terpisah dan
digabung sesuai tema dalam materi pokok dengan menggunakan mufradat baru
tersebut.4.3. Menyebutkan mufradat baru beserta artinya sesuai dengan
tema pokok.
|
KELAS 4 (ULA / AWALIYAH)
semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menguasai 120 kosakata baru sesuai dengan tema-tema pokok yang berkorelasi
dengan mata pelajaran al-Qur’an, hadis, aqiqah, akhlak, fiqih dan tarikh
dengan penekanan pada pemahaman tentang klasifikasi kata (isim [benda=sifat,
huruf]
|
1.1.
membaca teks berbahasa arab sederhana yang sesuai dengan tema dlam materi
pokok dengan menggunakan 10-15 mufradat baru dengan alokasi waktu 4 jam
pelajaran.1.2. menulis teks berbahasa Arab secara terpisah dan digabung
sesuai tema dlam materi pokok dengn menggunkan mufradat baru.1.3.
Menyebutkan mufradat baru beserta artinya sesuai dengan tema pokok.1.4.
Mengenal unsure-unsur kalimat dalam struktur bahasa Arab yang meliputi
|
2.
Menguasai 120 kosakata baru sesuai dengan tema-tema pokok yang berkorelasi
dengan mata pelajaran al-Qur’an, hadis, aqiqah, akhlak, fiqih dan tarikh
dengan penekanan pada struktur kalimat sederhana (kalam, kalim, qaul,
kalimah, jumlah).
|
4.1.
Membaca teks berbahasa Arab sederhana yang sesuai dengan tema dalam
materi pokok dengan menggunakan 10-15 mufradat baru dengan alokasi waktu 4
jam pelajaran.4.2. menulis teks berbahasa Arab secara terpisah dan
digabung sesuai tema dalam materi pokok dengn menggunakan mufradat
baru.4.3. Menyebutkan mufradat baru beserta artinya sesuai dengan tema
pokok.4.4. Mengenal unsure-unsur kalimat dalam struktur bahasa Arab
yang meliputi
|
3.
Menguasai 120 kosakata baru sesuai dengan tema-tema pokok yang berkorelasi dengan
mata pelajaran al-Qur’an, hadis, aqiqah, akhlak, fiqih dan tarikh dengan
penekanan pada struktur kalimat yang sederhana.
|
4.1.
Membaca teks berbahasa Arab sederhana yang sesuai dengan tema dalam
materi pokok dengan menggunakan 10-15 mufradat baru dengan alokasi waktu 4
jam pelajaran.4.2. menulis teks berbahasa Arab secara terpisah dan
digabung sesuai tema dlam materi pokok dengn menggunkan mufradat
baru.4.3. Menyebutkan mufradat baru beserta artinya sesuai dengan tema
pokok.4.4. Melakukan Dialog (muhadatsah) sederhana4.5. Mengenal
unsur-unsur kalimat dalam struktur bahasa arab yang meliputi
|
KELAS 5 (ULA /
AWALIYAH) semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menguasai 120 kosakata baru sesuai dengan tema-tema pokok yang berkorelasi dengan
mata pelajaran al-Qur’an, hadis, aqiqah, akhlak, fiqih dan tarikh dengan
penekanan pada struktur kalimat sederhana (mubtada dan khabar)
|
5.1.
Membaca teks berbahasa arab sederhana yang sesuai dengan tema dlam materi
pokok dengan menggunakan 10-15 mufradat baru dengan alokasi waktu 4 jam
pelajaran.5.2. menulis teks berbahasa Arab secara terpisah dan digabung
sesuai tema dlam materi pokok dengn menggunkan mufradat baru.5.3.
Menyebutkan mufradat baru beserta artinya sesuai dengan tema pokok.5.4.
Mengenal unsure-unsur kalimat dalam struktur bahasa Arab yang meliputi :
|
2.
Menguasai 120 kosakata baru sesuai dengan tema-tema pokok yang berkorelasi
dengan mata pelajaran al-Qur’an, hadis, aqiqah, akhlak, fiqih dan tarikh
dengan penekanan pada struktur kalimat sederhana yang meliputi
|
6.1.
Membaca teks berbahasa Arab sederhana yang sesuai dengan tema dalam
materi pokok dengan menggunakan 10-15 mufradat baru dengan alokasi waktu 4
jam pelajaran.6.2. menulis teks berbahasa Arab secara terpisah dan
digabung sesuai tema dalam materi pokok dengn menggunakan mufradat
baru.6.3. Menyebutkan mufradat baru beserta artinya sesuai dengan tema
pokok.6.4. Melakukan dialog (muhadatsah) sederhana.6.4. Mengenal
unsure-unsur kalimat dalam struktur bahasa Arab yang meliputi
|
KELAS 6 (ULA /
AWALIYAH) semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menguasai 120 kosakata baru sesuai dengan
tema-tema pokok yang berkorelasi dengan mata pelajaran al-Qur’an, hadis,
aqiqah, akhlak, fiqih dan tarikh dengan penekanan pada sruktur kalimat
sederhana.
|
1.2. Memahami teks berbahasa Arab sederhana yang sesuai
dengan tema dalam materi pokok dengan menggunakan 10-15 mufradat baru
2.2. menulis sesuai tema dalam materi pokok dengn
menggunkan 50 -75mufradat baru.
3.2. Menyebutkan mufradat baru beserta artinya
sesuai dengan tema pokok.
4.2. Melakukan Dialog (muhadatsah) sederhana.
5.2 Mengenal unsure-unsur kalimat dalam struktur
bahasa arab.
|
2. Menguasai 120 kosakata baru sesuai dengan
tema-tema pokok yang berkorelasi dengan mata pelajaran al-Qur’an, hadis,
aqiqah, akhlak, fiqih dan tarikhdengan penekanan pada struktur kalimat
sederhana.
|
1.2. Memahami teks berbahasa Arab sederhana yang sesuai
dengan tema dalam materi pokok dengan menggunakan 50-75 mufradat baru
2.2. menulis sesuai tema dalam materi pokok dengn
menggunkan 50 -75mufradat baru.
3.2. Menyebutkan mufradat baru beserta artinya sesuai
dengan tema pokok.
4.2 Melakukan Dialog (muhadatsah) sederhana
5.2. Mengenal unsure-unsur kalimat dalam struktur bahasa
arab.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar